FARMASI PEDULI DESA : Baksos Unair - USM di Bojonegoro
Untuk yang kesekian kalinya, Fakultas Farmasi Unair menjalin kerjasama dengan Pusat Pengkajian Farmasi Universiti Sains Malaysia. Pagi ini, 7 Mei 2008 bertempat di Ruang Sidang Fakultas Farmasi Unair diadakan acara pembukaan kegiatan bakti sosial yang akan dilaksanakan di Desa Sarangan, Kanor – Bojonegoro Propinsi Jawa Timur. Bakti sosial yang mengusung tema yang sangat menarik, "Saatnya Berbagi Ceria Demi Masa Depan Bangsa, Unair Indonesia – USM Malaysia"ini dilangsungkan pada tanggal 8 – 10 Mei 2008.

Acara peresmian baksos dibuka oleh Dekan Fakultas Farmasi Unair, Prof. Dr. H. Achmad Syahranidan dilanjutkan sambutan oleh Dekan Pusat Pengkajian Farmasi USM, Prof. Madya Dr. Syed Azhar Syed Sulaiman. Pada sambutannya beliau berharap kerjasama ini tidak berhenti sampai disini namun bisa terus berlanjut sampai kemudian hari.

Sebelum kegiatan bakti sosial resmi dibuka (diresmikan-red), Rektor USM, Prof. Dato Dzulkifli Abdul Razakmemberikan sambutannya untuk menyampaikan ucapan terima kasih. "Ini adalah langkah yang saya alu-alukan, karena ini sebuah pinangan maka saya atas nama Universiti Sains Malaysia mengucapkan terima kasih sudah diterima dengan baik. Saya berharap aktiviti ini (bakti sosial-red) dapat memberi dampak kesehatan bagi masyarakat"ungkapnya dengan logat melayu yang sangat kental. Tak lupa, beliau juga memberi pesan kepada para anak didiknya "jaga diri, sopan santun, dan terima pinangan ini dengan baik".

Mahasiswa USM yang ikut dalam rombongan saat itu berjumlah 30 orang dengan pendamping 6 dosen profesor. Kegiatan bakti sosial ini merupakan sebuah pengabdian besar untuk bangsa, ini dibuktikan dengan keikutsertaan dekan pusat pengkajian farmasi dan rektor USM yang datang beserta isteri. Semua akan ikut turun lapangan dan membantu secara langsung para korban bencana di desa tersebut.

Kegiatan bakti sosial yang akan diberangkatkan kamis besok ini diresmikan oleh Rektor Unair, Prof. Dr. Fasich, Apt. Beliau berharap dengan adanya kerjasama dua universitas ini dapat lebih mengakrabkan hubungan antar negara. "lebih luas, harapan dunia dari kedua negara inipun sangat dalam dengan dua alasan, yaitu karena kekuatan spiritualnya dan kekuatan ekonominya yang luar biasa"tambahnya.

Kegiatan bakti sosial akan berlangsung selama 3 hari, mulai hari kamis hingga hari sabtu. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan adalah pengobatan gratis, penyuluhan kepada ibu – ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), penyuluhan pada karang taruna dan pemuda, pelatihan kebersihan dasar, kegiatan – kegiatan bersama siswa SD dengan pembukaan perpustakaan umum di desa tersebut serta kerja bakti bersama warga desa, dan terakhir akan disampaikan pemberian bantuan kepada warga desa Sarangan.

Setelah kegiatan bakti sosial resmi dibuka, acara dilanjutkan dengan kunjungan mahasiswa USM ke laboratorium yang ada di Fakultas Farmasi Unair dan kunjungan ke Industri Farmasi PT. Adhitama. Para tamu dari Malaysia juga akan berkunjung dan belanja di Mirota Batik sebagai pusat batik dan kerajinan yang berada di jalan Sulawesi – Surabaya.














Agenda
Unduhan